Harga Temulawak 1 Kg Langsung dari Petani

Temulawak, atau yang memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza, adalah tanaman herbal yang populer di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional, terutama dalam pengobatan alami dan alternatif. Salah satu hal yang menarik tentang temulawak adalah fakta bahwa tanaman ini memiliki akar yang memiliki nilai komersial yang cukup tinggi. Namun, untuk memahami harga temulawak per kilogram yang diperoleh langsung dari petani, kita perlu melihat lebih dekat pada aspek-aspek pertanian dan pasar yang terkait dengan tanaman ini.

harga temulawak 1 kg

Pertanian Temulawak

Pertanian temulawak biasanya dimulai dengan penanaman umbi-umbinya. Umbi temulawak ditanam di lahan yang subur dengan kadar air yang cukup tinggi. Penanaman biasanya dilakukan pada musim hujan, karena temulawak lebih suka kelembaban dan tanah yang lembab. Proses perawatan tanaman termasuk pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, dan pengaturan drainase air. Tanaman temulawak dapat memakan waktu sekitar 8 hingga 10 bulan sebelum umbinya bisa digali.

Proses Panen dan Pascapanen

Proses panen temulawak dilakukan dengan menggali umbi-umbi tersebut dari dalam tanah. Umbi yang sudah digali kemudian dibersihkan dan dikeringkan sebelum dijual ke pasar. Proses ini memerlukan ketelatenan dan keterampilan agar umbi-umbi tersebut tidak rusak.

Setelah panen, petani memiliki beberapa pilihan mengenai penjualan umbi temulawak mereka. Mereka dapat menjualnya kepada pengepul atau perantara, yang kemudian menjualkannya ke pasar-pasar besar atau produsen suplemen herbal. Alternatif lain adalah menjual langsung ke konsumen atau produsen herbal yang lebih kecil.

INFORMASI DAN PEMESANAN TEMULAWAK
HUBUNGI WA/HP 0856-4323-8011 / KLIK https://wa.me/6285643238011

Harga Temulawak 1 Kg Langsung dari Petani

Harga temulawak per kilogram yang diperoleh langsung dari petani bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Beberapa faktor yang memengaruhi harga termasuk:

  1. Kualitas Umbi: Umbi temulawak yang besar, berat, dan berkualitas baik biasanya dihargai lebih tinggi.
  2. Musim dan Ketersediaan: Harga temulawak dapat dipengaruhi oleh musim panen dan ketersediaan di pasar. Selama musim panen yang melimpah, harga cenderung lebih rendah.
  3. Negosiasi dan Lokasi: Kemampuan bernegosiasi petani dan lokasi geografis mereka dapat memengaruhi harga yang mereka dapatkan.
  4. Permintaan Pasar: Harga temulawak juga dipengaruhi oleh permintaan di pasar, terutama dari produsen herbal dan industri suplemen kesehatan.
BACA JUGA:  Pusat Grosir Agen dan Distributor Makanan Ringan

Harga temulawak per kilogram dapat bervariasi dari beberapa ribu hingga puluhan ribu rupiah tergantung pada faktor-faktor di atas. Petani yang menjual langsung ke konsumen atau produsen kecil dapat mendapatkan harga yang lebih baik daripada jika mereka menjual kepada perantara.

INFORMASI DAN PEMESANAN TEMULAWAK

HUBUNGI WA/HP 0856-4323-8011 / KLIK https://wa.me/6285643238011

This image has an empty alt attribute; its file name is FAST-RESPON.png

temulawak 1 kg
harga temulawak 1 kg
harga temulawak 1 kg di pasaran
harga temulawak kering 1 kg
harga temulawak bubuk 1 kg

About admin

Kami sebagai produsen atau pabrik slondok mentah magelang yang udah ber operasi mejalankan usahanya sejak tahun 2008 dan kami sudah memiliki ijin, per hari kami bisa membuat slondok mentah dengan kapsitas kurang lebih 1 ton, slondok mentah kami telah banyak di distribusikan di kota2 di indonesia, kami melayani pemesanan partai besar dan kecil, untuk informasi dan pemesanan silahkan WA/HP 0856-4323-8011
View all posts by admin →